Senin, 26 November 2012

URUS VISA PELAJAR KE JEPANG

Pengalaman mengurus visa pelajar ke jepang

 berikut adalah langkah2 mengurus visa pelajar ;
1. pastikan dulu daerah anda masuk dalam wilayah yurisdiksi kedutaan jepang yang mana. kan ga lucu juga gitu kan kalau misalnya anda tinggal di sulawesi terus pas udah jauh2 ke jakarta mau ngurus visa eh ditolak gara2 ga masuk yurisdiksinya. mengenai yurisdiksi, silakan lihat disini
2. download formulir dari website kedutaan jepang, isi sebaik2nya. untuk visa pelajar, bagian perusahaan, isi dengan nama universitas di Indonesia sementara perusahaan serta pengundang di jepang isi dengan nama universitas disana.
3. fotonya berwarna, latar belakang putih, ukurannya 4,5cm x 4,5cm yah, jangan sampai salah lho.
4. fotokopi paspor, dan certificate of eligibility (serta aslinya) dan fotokopi ktp. kalau saya sih juga menyertakan fotokopi tiket pesawat.
5. apabila anda penerima beasiswa monbukagakusho (monbusho /mext), sebelum mengurus visa, anda harus mengunjungi bagian pendidikan di dalam perpustakaan di lantai dua. nanti anda akan disediakan formulir khusus, dan diberikan surat pengantar untuk mengurus visa di lantai satu. jangan lupa persiapkan formulir pendaftaran monbusho anda yah. oh, dan untuk penerima monbusho, visanya gratis, jadi jangan khawatir soal okane haha.
6. datang sesuai waktunya yah, untuk mengajukan visa, dari jam 08.30-12.00, sementara untuk mengambil dari jam 13.30 – 16.00.
7. perhatikan nomor antrian anda, jangan sampai terlewat, karena kalau sudah terlewat, anda harus mengambil lagi nomor antrian baru dan mengantri lagi.
8. untuk jaga2, siapkan letter of acceptance, akte lahir, ijazah terakhir, kartu keluarga, bukti rekening tabungan sponsor serta fotokopinya.
9. bila mau lebih tenang mengenai persyaratannya, silakan telpon dulu kedutaan untuk  seperti yang saya lakukan sebelum mengajukan. stafnya cukup helpful kok.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar